Karbu PWK 34 pada Pulsar 200 NS |
hari ini ane dah ganti jarum skep pake punya tiger, terus set klip-nya di posisi 2 dari bawah, ganti main jet pake 145, pilot jet pake 35, dan puteran angin 1,5.
hasilnya, semua keluhan ane selama sebulan ini HILANG!!
penyakit gas/rpm ga mau turun ketika di geber diputaran atas (diatas 6000) hilang juga. penyakit brebet di rpm 3000-4500 juga hilang.
tarikan tengah sampe atas sangat galak, tapi belum segalak waktu setting pertama ketika main jet masih pake 115, pilot jet 42, dan jarum skep ori, klip di tengah, puteran angin 1,5.
berhubung stok MJ cuma ada sampe 145, mesti eksperimen buat nurunin posisi klip ke paling bawah, serta nyoba puteran angin 2-2,5.
status saat ini, langsam ok di 1500 rpm, power atas ngisi terus, tengahnya sdikit kurang tapi OK, bawahnya kurang respon tapi OK.
so buat temen temen disini yg ngalamin gas/rpm ga mau turun turun, coba perhatiin di rpm atau puteran gas mana rpm-nya ga mau turun??
klo diputaran atas atau ketika dibejek spontan atau dibetot habis terus RPM ga mau turun atau turunnya lama, artinya MJ terlalu kering. mesti dinaikin.
klo di puteran tengah gas ga mau turun, artinya jarum skep terlalu kering, coba dipindah posisi klip-nya biar lebih boros. atau ganti jarum skep lebih kurus.
klo di puteran tengah brebet, berarti jarum skep minta yg lebih gendut atau pindah posisi klip lebih naik.
klo diputeran bawah RPM ga mau turun a.ka nyangkut atau turunnya lama, artinya Pilot Jet (PJ) harus dinaikin.
klo dibejek/gas poll mendadak bunyi mesin kek teriak BOOOOOOOOWWWWAAAAAAAAAAAAAAAHHHH
artinya setting mesin kebanyakan angin, coba puter setelan angin biar lebih banyak bensinnya. klo masih tetep begitu juga, coba naikin jarum skep. klo masih juga, coba naikin main jet. .
hasil riset semalam suntuk kemarin ane berhasil menyimpulkan beberapa tips buat jetting karbu skep: (skep loh yah, vakum ga jaminan sama caranya):
NOTE: pertama kali tes, coba pake ukuran main jet dan pilot jet bawaan karbu, set puteran angin 2 putaran, dan jarum skep klip-nya ditengah.
cari settingan pilot jet.
# tes starter:
klo di starter saat pagi/mesin dingin agak susah, tapi dibantu choke langsung nyala, artinya pilot jet dah pas.
klo di starter saat pagi/mesin dingin gampang banget tanpa choke, artinya pilot jet terlalu kecil. mesti dinaikin
klo distarter susah, bahkan pake choke juga harus dibantu mlintir gas agak dalam, artinya pilot jet kegedean, coba turunin pilot jet-nya.
# test 1/8 sampai 1/4 putaran gas
klo brebet kayak mau mati, berarti kurang gede pilot jet-nya.
klo brebet tapi gak mati, berarti kebanyakan bensin, coba setel anginnya, klo masih juga berarti pilot jet kudu diturunin.
klo nembak nembak berarti pilot jet juga minta dinaikin.
klo gas dilepas malah lambat turunnya atau malah nyangkut, berarti kudu dinaikin pilot jetnya lebih gede.
cari settingan jarum skep
# test dari 1/4 sampe 3/4 putaran gas.
klo brebet naiknya kayak pengen mati, terus gas dilepas turunnya lama atau malah nyangkut RPM-nya. berarti jarum skep terlalu irit, coba turunin posisi klipnya.
klo brebet tapi ga mati, berarti jarum skep posisinya keborosan, coba naikin posisi klipnya.
cari setting main jet
#test dari 3/4 sampe full putaran gas
klo di gas poll brebet, susah naiknya, berarti main jet kegedean minta diturunin.
klo di gas poll teriakannya kenceng banget kayak pengen nangis berarti main jet kekecilan, naikin ukurannya.
that's all.
terus buat SPECIAL CASE:
# habis di gas poll begitu gas dilepas, knalpot nembak nembak
artinya suplai bensin kurang, coba setel pilot jet sama jarum skepnya biar lebih boros.
# klo di gas mendadak dari idle sampe poll tarikannya nahan, atau brebet dulu kayak pengen mati di bawah, dan suara mesin teriaknya BOOOOOOOOOOWAAAAAAAAAAAAAAHHH artinya suplai angin kebanyakan, coba setel anginnya biar bensinnya lebih banyak, atau naikin MJ, atau geser posisi klip lebih boros. intinya bensin kurang.
#kebalikannya klo di gas poll dari idle tarikannya mbrebet dulu terus ngacir, berarti pilot jet kegedean, main jet dah oke. coba setel biar suplai bensin diputaran bawah ga terlalu besar. bisa dgn setel angin dulu, pindah klip jarum skep atau ganti pilot jet lebih kecil.
# klo di gas brebet, tapi klo ngegasnya dibantu buka choke dikit terus chokenya langsung dilepas ga bunyi brebet lagi, berarti bensin kurang, naikin ukuran main jet atau posisi jarum skep.
#klo gas dibejek mendadak terus nyembur asep hitam, berarti bensin kurang, coba setting lagi biar bensin lebih banyak.
#klo setelah di gas poll terus gas dilepas RPM-nya ga mau turun, berarti kebanyakan angin, coba cek ada celah/robek di intake manifold ga atau kebocoran di area yg terkait dgn karbu? klo ga ada, berarti kudu setting biar bensin lebih banyak.
#klo di gas poll ga mau naik, malah bunyi kayak mesin beradu, blebek blebek, tarikan mesin buerat di puteran atas, dah pasti main jet kegedean.
istilah setting di special case yg ane maksud adalah: cari puteran angin dulu, terus pindah posisi klip jarum skep, baru ganti ukuran pilot jet/main jet, klo ga berubah juga, baru deh ganti ukuran jarum skep. inget
urutannya mesti begini dulu. biar gampang ketahuan mana yg ga benernya.
sementara ini dulu yg bisa ane share dari pengalaman ane seharian jetting
apabila ada yg kurang tepat, atau miss, atau malah secara teknis tidak sesuai, dimohon masukannya
==================================================
sedikit share manfaat choke buat troubleshooting karbu berdasarkan pengalaman ane selama sebulan belakangan ini, ketika kita ga yakin ini karbu brebet kurang bensin atau kebanyakan bensin. bisa dicoba dibantu dgn narik tuas choke.
caranya:
mau ngetes pilot jet? saat starter pagi hari atau ketika narik gas 1/8 - 1/4 putaran, iringi dengan narik choke sedikit demi sedikit sampe hilang gejala brebetnya. tapi klo dah mentok chokenya tetep brebet, berarti bensin kebanyakan, pilot minta turun.
mau ngetes jarum skep? gentak gas 1/4 sampe 3/4 putaran sambil dibantu buka choke secara instan (buka sekejap langsung tutup lagi). klo gejala brebetnya ilang, berarti jarum skep terlalu irit. klo kebalikannya jarum skep minta diborosin.
mau ngetes main jet? gas poll sampe mentok (3/4 putaran gas keatas) atau rpm timit tertinggi. tarik dan tahan chokenya sdikit demi sdikit sampe gejala brebetnya ilang. klo yg terjadi malah makin brebet berarti main jet kegedean, klo brebetnya ilang berarti main jet minta dinaikin.
buat kasus gas rpm ga mau turun, naik turun, ga langsam, juga bisa dibantu identifikasi pake choke.
misalkan, dari gas poll gas dilepas malah ga mau turun, tarik choke-nya. klo ditarik chokenya mau turun, berarti main jet kekecilan.
klo di gas rendah rpm juga ga mau turun, setelah tarik choke mau turun, berarti pilot jet minta naik.
klo di puteran tengah gas nyangkut ga mau turun, setelah tarik choke baru mau turun. berarti jarum skep terlalu irit.
nah klo langsam susah tapi dibuka choke dikit aja malah gampang langsamnya, berarti pilot jet kekecilan, kebalikannya klo langsung mati berarti kegedean
selamat jetting
klo bingung, ini bisa jadi panduan
Carburetor Tuning
sumber: tulisan saya sendiri di kaskus
Tanx gan
ReplyDeleteKalo jarum skep turunnya lama ...
ReplyDeletePadahal belum gue pasang di karbu..
Tlong koment nya...
.
Saya Masih belajar bonglar bro
Kalo jarum skep turunnya lama ...
ReplyDeletePadahal belum gue pasang di karbu..
Tlong koment nya...
.
Saya Masih belajar bonglar bro
Wkk..la blum ente pasang brow
DeleteMas mau nanya motorku kok saat adem kalau di starter rpm nya agak tinggi terus agak lama dikit rpm kembali normal
DeleteSama rpm nya lambat turun itu apanya y mas��
Kalo saya masih ada rada bingung ama new jupe mx saya pake pe 28 pas mesin dingin dia ngegas sendiri pas di mainin chokenya rpm langsung turun drastis bahkan harus nahan gas biar gk mati setelan angin udh mentok alias kering tapi pas buka busi banjir malah ampe keluar" an BB nya kalo di starter susah kudu di tahan sebentar baru nyala kalo di sela terus sela nya di gentak 1x langsung nyala itu termasuk error atau apa ya mas kata tmn" sya si ganti spuyer alias jeting lgi karbunya biar pas mesin si masih standar dar dar cuma main knalpot racing sama marbu doank pengapian pun masih standar,mohon saran nya mas
ReplyDeletePake karbu standar aja bro. Kegedean karbu itu.
DeletePJ MJ pakek ukuran brpa itu..?kyakny sih PJ minta naik,busi basah kuyup bsa krna rpm yg gak stabil,ato pas enete choke,liat stelan angin,brpa putaran itu..?
DeleteSama nih kira2 penyakitnya sama motor ane, motor new megapro pake pe 28 pjnya 35 mjnya 112 kalo pas dipanasin ngebul hitam bau bensin dari knalpot tapi kalo dinaikin jarum skepnya malah brebet rpm susah turun
DeleteCoba turunin mj nya ke 110
DeleteItu karbunya kgedeanc mas coba pakai pe 26 yakin pasting gampang setingngya
DeleteNanya bro,motor jupiter ku pake karburator RX100 KW,awalnya normal tarikan enak.tapi lama2 skep memuai jd kl gas gede skep ga mbalik alias nahan diatas.akhirnya skep saya amplas,nah sewaktu dipasang kembali kok jd mbrebet ya hanya sebab skep diamplas.solusinya gimana nih?
ReplyDeleteKalau ente pake manipol yang ada lubang udara ditengahnya, mesti dibuntu biar langsamnya ok. Untuk referensi megapro 200cc ane pake spuyer ori 45 dan main jet 115 dan ring clip jarum skep pas ditengah2. Yahud...
ReplyDeleteAssalamu'alaikum
ReplyDeleteOm mw tanya.kalo dari rpm rendah trus gas poll tp tenaga nya gk ada.susah naik rpm nya.masalah nya apa ya
Karbu pe 28
DeleteBiasanya pilot jet kegedean atau jarum skep naek klip
DeleteApa penyebab motor mati saat gas spontan
ReplyDeleteMati apa brebet?? Klo ada brebet,bensinnya kbanyakan,turunin jarum skep/turunin main jet
Deletegoblog mana ada keiritan nyembur asep hitam�� yg ada keborosan tolol!!!
ReplyDeletembok ya yg sopan koment,...bisa saja dia itu salah ketik....
ReplyDeleteBro mau tanya ni...setting MJ/PJ nya..motor saya new Megapro...CDI,kiprok standar..koil punya Tiger,Cop busi punya Mio, karbu nsr sp pe28 jarum skep bawaan NSR sp, knalpot freeflow nob1..
ReplyDeleteJdi Maslah ukuran MJ/PJ brapa y kalo jarum skep nya masih bawaan dari karbu nsr sp pe28. Makasih
Pakek pj mj stndart megapronya aja mas,sharusnya mesin standrt gak balakaln minta bensin lebih,meskipun udah gnti karbu pe28,tinggal setting angin2 aj
DeleteUdah bener tu mas,dipikir lagi,rpm motor tinggi pada kondisi dingin,menandakan bensin trrlu irit,bgitu di choke otomatis mngurangi debit udara/bensin lebih bnyak dong,dikembalikan ke pilot jet,berrti pada non choke pj kurang gede
ReplyDeleteYa gak lah..udah sesuai kok itu
ReplyDeleteGan scoopy ane spek piston 56 klep 28/24 pake karbu pwk 28 kok waktu gaspol dari idle cuma mbrebet ga ngacir ya, problemnya dimana?
ReplyDeleteSebelumnya terimakasihπ
Nanya dong om, thunder 125 di cangkok karbu megapro primus (non vacum) kalo mesin dingin langsam RPM normal di 1500, tapi kalo udah di pake jalan langsam nya tinggi di kitiran RPM 2000 - 2500. Pj 40 , mj 100 clip jarum udah di jajal dari klip 1 - 5 tetep ga ngaruh, putaran air screw 2,5. Mohon pentdjrahan nya. Thanks...
ReplyDeleteMesin tiger 2000 , pakai karbu pz30 . Pj mj yg pas brp ya om tolong di bantu
ReplyDeleteKok beda
ReplyDeleteBang mau nanya . Mio ane pake piston 57 punya neotex . Karbu PWL 28 ori ninja rr . Pj mj bawaan karbu . Jarum skep ori tapi pas putaran atas agak nahan gt yah . Putaran bawah sampe tengah nyengat . Mohon pencerahaannnya
ReplyDeleteselamat siang bro ,NMP saya pakai karburator PE28 ,isi kit karburator nya pakai punya isi karburator tiger sama jarum skep nya punya tiger ,klo untuk langsam nya normal tapi waktu di gas 1/4-1/2 putaran brebet gas nya macem nahan.mohon kesimpulan nya bro >#NMPbayonet
ReplyDeletePermisi,, fu150ku klo mau nyalip kendaraan ko brebet dulu ya.. Klo dah rpm tinggi dah mau kenceng,, pj 122 mj 38.. Pe28
ReplyDeleteMas saya punya motor supra fit standar pake pe 28 klo gasnya disentak malah ngook terus mati,jadi harus gas pelan pelan,sama kalau putaran tengahnya nahan gamau naik gas padahal udh di fullin ngegasnya itu kenapa ya mas yg masalah pj apa mj apa dua duanya mohon pencerahannya mas
ReplyDeleteMas saya pake karbu king, kenapa pas gas putara tengah dia nyendat".
ReplyDeleteTetapi kalau gaspool engga. Apa itu terlalu irit di stel apa Posisi Jarum saya karena nomor 2 dari atas?
Makasih mas.jd permasalahan karbu saya selesai.ternyata sepele tp bisa bikin pusing.mantul tenan mas
ReplyDeleteKalo motor dibawa jalan karbu ngembun,dan diputaran bawah nahan+brebet biasanya knpa yah mas
ReplyDeletePunya saya kalo digas mati itu knapa ya mas
ReplyDeleteMau tanya mas. Motor saya megapro primus standar pakai pwk28 rpm tidak stabil, untuk mj-pj 38-115 jarum skep di posisi ke 2 dari atas .minta saran. Terima kasih
ReplyDeleteMau nanya mas2 bro
ReplyDeleteMotorku megapro 200cc , mau pake karbu PWK 32 itu PJ MJ nya pake ukuran berapa dan jarum skep nya pake apa biar bawah langsam dan atasnya ngisi terus , matur nuwun.
Bos mau nanya karbu pwk
ReplyDeleteSetelah langsam terus digas kayak mau mati ipu apanya
Bro mau nanya?
ReplyDeletesya punya beat karbu.
klo di gas 1/2 ke atas kayas ada jeda (ngosong)
Tapi kalo dari 0-1/2 normal
tapi kalo motor udh panas, baru menonjol rasa jeda(ngosong)nya
lamsam,atasnya udah enak.
tinggal itu di rpm 1/2
Karbu asli bawaan mtor.
pdhl udh di tes karbu sya ke motor tmen.. hasil normal
pas sya tes karbu temen le motor sya
gitu lagi
solusi atasi maslahnya gimna ya?
Mending settiingin karbuku lgs aja yok om.wkwkwk tolong kalau bolehππ
ReplyDeleteIjin komen mas bro,kelembapan udara juga ngaruh loh
ReplyDeleteSemoga author nya lebih terbuka dengan masukan.
ReplyDeletePutaran angin2 itu hanya berpengaruh pada PJ. Dan PJ tetap ber-effect penuh pada saat full throttle, tapi dibandingkan lubang venturi dan MJ tidak seberapa.
Gangguan2, pada 3/4 gas keatas juga sangat berpengaruh pada diameter lubang venturi dan MJ...
Intinya mah susah kalo gak langsung praktek... Kebanyakan nylahin karbu.. Padahal pada mesin sendiri kebanyakan pada gak sehat π π
DeleteKalo carbu ngok saat mau naik rpm lebih tinggi berarti apanya?
ReplyDeleteMas tanya
ReplyDeleteKlo waktu jalan,di 20 atau 40 (liat spidometer) nyendat2..tapi begitu pelan2 gas di naikin sampai 80 bahkan sampai 100 normal2 aja.
Kira2 apa nya itu mas?.
Mas ukuran pilot jet dan main jet yg cocok untuk tiger revo itu brapa..
ReplyDeleteSkrng saya pakai 40 dan 122..
Tapi putaran atas low..ππ
Mas ukuran pilot jet dan main jet yg cocok untuk tiger revo itu brapa..
ReplyDeleteSkrng saya pakai 40 dan 122..
Tapi putaran atas low..ππ
Kalo putaran atas ada nglitiknya brarti kurang boros om..kasih 125 mj nya...
DeleteGan mortot gua kalo digas enak ngacir, tapi kalo gas di turunin kaya mati, brebet,
ReplyDeleteHarus digas agak tinggi baru mau jalan lagi
Itu cuman waktu ngebut doang..
Kang punyaku gL max. Spek std tiger .
ReplyDeletePake karbu pe 28 saat langsam enak mas. Setelah gas tengah sampai atas brebet di gas sambil nembak". Apanya ya mas. Skep sudah paling boros.
Mohon pencerahannya
This comment has been removed by the author.
ReplyDeletemas mas mau tanya,,, problem ketika motor jalan entah itu di rpm tengah ataupun tinggi,ketika gas di turunin dikit kog brebet itu permasalahanya di main jet, jarum skep, pilot jet atau power jet,,, tapi ketika di seting di tempat enggak ada gejala mbrebet sama sekali
ReplyDeleteKalau brebet putaran tengahnya apanya ya om
ReplyDeleteBiasanya turunin jarum artinya posisi klip nai
DeleteMas, saya mau tanya mtor saya pkai pe 23 di klx, pilot jet 38 dan main jet 120 jarum no.4 k bawah, tpi gas di sentak ngmpos,atas enak tpi begitu gas turun ada jeda nya, mohon bantuan
ReplyDeleteMas saya mau tanya satria fu standart pakai karbu pwk gi gas spontan langsung mati kenapa ..kalau di pancing gas kecil dulu baru bisa
ReplyDeleteKarbu cpo 34 pj 38 mj 115 djarum dh tak ganti dengan jjh tapi putaran tengah pas gigi 3 ada jedah pada keadaan langsam mohon bimbingannya
ReplyDeleteMas mau tanya mas, saya punya karbu tiger di reamer jadi 34 dan skep di ganti diameter 31, dulu pake mj pj bawaan ndak enak sama sekali, sekarang saya ubah ukurannya masih kurang enak mas, pas nya di ukuran berapa mj pj nya mas
ReplyDeleteMasz,mau tanya kalo digas posisi rpm bawah nuju ke nengah brebet² ,posisi jarum paling bawah,setelah tarik lagi ke rpm tinggi,gas dilepas nembak²,setelah itu mati tu motor,kalo pas turunnya gk diimbangi gas,,posisi pe tk racing 31,pj 40,mj 122, posisi jarum paling boros.mohon dijawab minπππ
ReplyDeleteIjin nanya dong om kalau di putaran menengah ke atas brebet itu apa ny y omππ
ReplyDeleteSuplay bensin kurabg
Deletebang kalo gas di buka 1/4 brebet terus setelah di buat jalan gas di lepas kaya bensin telat bensin solusi nya
ReplyDeleteBuat abang" ku mekanik" yg ganteng..
ReplyDeleteAne mao nanya nih... jawab ya...heheee
Mio sporty ane klo lg di bawa jalan trus brenti di depan lampu merah... skitar 2/3 mnit pas lampu ijo ane ga nih motor malah mati..jwaban nya yg akurat ya abang" mekanik yg ganteng.. thank
Bang cek lokasi mu bang, pengen gw bawa ke rumah lu bang nih tilam
ReplyDeleteMatorsuwon mas ilmune smpon detail A-Z antara jlasin fungsi pj/mj dan efek pj/mj, pokoknya lengkap deh penjelasane sampean,
ReplyDeleteBang mau tanya, setiap naikin gigi rpmnya lambat turun dan klo berhenti rpm susah langsam trs mati itu penyakitnya apa? Spek karbu pwk28 pj45/mj145 jarum klip no 3. Mohon jawabanya terimakasih..
ReplyDeleteklo diputaran atas atau ketika dibejek spontan atau dibetot habis terus RPM ga mau turun atau turunnya lama, artinya MJ terlalu kering. mesti dinaikin.
ReplyDeleteOk mantab ini solusi jitu yang saya cari....suwun mas
Motor saya Scorpio,pake PE 28 TK racing, ukuran PJ 42 MJ 120,setelan angin 1,5,gas udh langsam dari bawah tengah sampe atas,busi bawah kering tengah atas merah bata,tapi kendlane gas lambat turun,kira2 apanya ya bang.
ReplyDeleteNumpang nimbrung kak, saya pakai klx dengan karbu pe 28, rpm bawah tengah atas respon oke banget, langsam juga dapet tapi saat test gas poll kayak nahan gitu rasanya. PJ pakai 40 MJ pakai 105, klip kedua dari bawah. Cek busi bagian tengah merah bata, bagian ujung semu hitam. Tapi kok terasa masih nahan ya atasnya.
ReplyDeleteMj nya naikin
Deletemau tanya dulur udah pusing ngakali karbu supra old , brebet parah putaran 1/8 mati ,angin mintanya di setel rapet suwun
ReplyDeleteCool and I have a super offer you: How Much House Renovation Cost Philippines home renovation youtube
ReplyDeleteMaaf bos pagi hari pertama mau di hidupin, langsamnya langsung tinggi di choke malah tambah tinggi. Mj pj nya 155/160. Kr2 masalahnya apa ya bos?
ReplyDelete