datasheet Kendall Super D-XA with Liquid Titanium |
Review penggunaannya di Pulsar 200 NS saya, oli KDX 15W40 perlu pemanasan lebih optimal, sedangkan 10W30 bisa langsung dihajar dari awal. akan tetapi ketika suhu sudah mencapai temperatur kerja, 15W40 KDX lebih terasa nyaman utk tarik tarikan konstan, sedangkan 10W30 KDX akan terasa seperti kasihan klo dipake konstan diatas 10,000 rpm. Untuk pemakaian luar kota saya cenderung lebih nyaman dengan KDX grade 15W40 ketimbang grade 10W30, tetapi untuk pemakaian dalam kota saya malah lebih suka 10W30 karena rasanya jadi lebih ringat utk tarikan awal walaupun mesin belum panas. Konsumsi BBM untuk metode pemakaian asal asalan (gas poll lupa ngerem) lebih irit pake 10W30 ketimbang versi 15W40.
Verdict, this is a tough choice. Tapi bagi saya penggunaannya secara jelas dapat terbagi untuk dua peruntukan, apabila kita lebih sering berkendara dalam kota yang padat dan jaraknya pendek kurang dari 30km, serta mengharapkan penghematan BBM walau tidak terlalu signifikan maka KDX 10W30 adalah pilihan yg tepat. Namun bila kita lebih berkendara keluar kota atau pemakaian motor secara aktif seharian seperti surveyor yg bepergian hampir seharian penuh keliling kota, 15W40 akan terasa lebih enak dipakai.
harganya mastah :)
ReplyDeleteMurah kok gan.. yg 10w30 cuma 90 K
DeletePfd gan... Pertamina Fastron diesel.. buka. Pdf..
ReplyDelete