Translate

Monday 3 March 2014

Tips setting karburator skep DIY

Karbu PWK 34 pada Pulsar 200 NS

hari ini ane dah ganti jarum skep pake punya tiger, terus set klip-nya di posisi 2 dari bawah, ganti main jet pake 145, pilot jet pake 35, dan puteran angin 1,5. 

hasilnya, semua keluhan ane selama sebulan ini HILANG!!

penyakit gas/rpm ga mau turun ketika di geber diputaran atas (diatas 6000) hilang juga. penyakit brebet di rpm 3000-4500 juga hilang. 

tarikan tengah sampe atas sangat galak, tapi belum segalak waktu setting pertama ketika main jet masih pake 115, pilot jet 42, dan jarum skep ori, klip di tengah, puteran angin 1,5.

berhubung stok MJ cuma ada sampe 145, mesti eksperimen buat nurunin posisi klip ke paling bawah, serta nyoba puteran angin 2-2,5.

status saat ini, langsam ok di 1500 rpm, power atas ngisi terus, tengahnya sdikit kurang tapi OK, bawahnya kurang respon tapi OK.

so buat temen temen disini yg ngalamin gas/rpm ga mau turun turun, coba perhatiin di rpm atau puteran gas mana rpm-nya ga mau turun??

klo diputaran atas atau ketika dibejek spontan atau dibetot habis terus RPM ga mau turun atau turunnya lama, artinya MJ terlalu kering. mesti dinaikin.

klo di puteran tengah gas ga mau turun, artinya jarum skep terlalu kering, coba dipindah posisi klip-nya biar lebih boros. atau ganti jarum skep lebih kurus.

klo di puteran tengah brebet, berarti jarum skep minta yg lebih gendut atau pindah posisi klip lebih naik.

klo diputeran bawah RPM ga mau turun a.ka nyangkut atau turunnya lama, artinya Pilot Jet (PJ) harus dinaikin. 

klo dibejek/gas poll mendadak bunyi mesin kek teriak BOOOOOOOOWWWWAAAAAAAAAAAAAAAHHHH

artinya setting mesin kebanyakan angin, coba puter setelan angin biar lebih banyak bensinnya. klo masih tetep begitu juga, coba naikin jarum skep. klo masih juga, coba naikin main jet. .


hasil riset semalam suntuk kemarin ane berhasil menyimpulkan beberapa tips buat jetting karbu skep: (skep loh yah, vakum ga jaminan sama caranya):


NOTE: pertama kali tes, coba pake ukuran main jet dan pilot jet bawaan karbu, set puteran angin 2 putaran, dan jarum skep klip-nya ditengah. 

cari settingan pilot jet.
# tes starter:
klo di starter saat pagi/mesin dingin agak susah, tapi dibantu choke langsung nyala, artinya pilot jet dah pas. 
klo di starter saat pagi/mesin dingin gampang banget tanpa choke, artinya pilot jet terlalu kecil. mesti dinaikin
klo distarter susah, bahkan pake choke juga harus dibantu mlintir gas agak dalam, artinya pilot jet kegedean, coba turunin pilot jet-nya.

# test 1/8 sampai 1/4 putaran gas 
klo brebet kayak mau mati, berarti kurang gede pilot jet-nya.
klo brebet tapi gak mati, berarti kebanyakan bensin, coba setel anginnya, klo masih juga berarti pilot jet kudu diturunin.
klo nembak nembak berarti pilot jet juga minta dinaikin.
klo gas dilepas malah lambat turunnya atau malah nyangkut, berarti kudu dinaikin pilot jetnya lebih gede.

cari settingan jarum skep
# test dari 1/4 sampe 3/4 putaran gas.
klo brebet naiknya kayak pengen mati, terus gas dilepas turunnya lama atau malah nyangkut RPM-nya. berarti jarum skep terlalu irit, coba turunin posisi klipnya.
klo brebet tapi ga mati, berarti jarum skep posisinya keborosan, coba naikin posisi klipnya. 

cari setting main jet
#test dari 3/4 sampe full putaran gas 
klo di gas poll brebet, susah naiknya, berarti main jet kegedean minta diturunin.
klo di gas poll teriakannya kenceng banget kayak pengen nangis berarti main jet kekecilan, naikin ukurannya.


that's all.

terus buat SPECIAL CASE:

# habis di gas poll begitu gas dilepas, knalpot nembak nembak
artinya suplai bensin kurang, coba setel pilot jet sama jarum skepnya biar lebih boros.

# klo di gas mendadak dari idle sampe poll tarikannya nahan, atau brebet dulu kayak pengen mati di bawah, dan suara mesin teriaknya BOOOOOOOOOOWAAAAAAAAAAAAAAHHH artinya suplai angin kebanyakan, coba setel anginnya biar bensinnya lebih banyak, atau naikin MJ, atau geser posisi klip lebih boros. intinya bensin kurang.
#kebalikannya klo di gas poll dari idle tarikannya mbrebet dulu terus ngacir, berarti pilot jet kegedean, main jet dah oke. coba setel biar suplai bensin diputaran bawah ga terlalu besar. bisa dgn setel angin dulu, pindah klip jarum skep atau ganti pilot jet lebih kecil.

# klo di gas brebet, tapi klo ngegasnya dibantu buka choke dikit terus chokenya langsung dilepas ga bunyi brebet lagi, berarti bensin kurang, naikin ukuran main jet atau posisi jarum skep.

#klo gas dibejek mendadak terus nyembur asep hitam, berarti bensin kurang, coba setting lagi biar bensin lebih banyak.
#klo setelah di gas poll terus gas dilepas RPM-nya ga mau turun, berarti kebanyakan angin, coba cek ada celah/robek di intake manifold ga atau kebocoran di area yg terkait dgn karbu? klo ga ada, berarti kudu setting biar bensin lebih banyak.
#klo di gas poll ga mau naik, malah bunyi kayak mesin beradu, blebek blebek, tarikan mesin buerat di puteran atas, dah pasti main jet kegedean.

istilah setting di special case yg ane maksud adalah: cari puteran angin dulu, terus pindah posisi klip jarum skep, baru ganti ukuran pilot jet/main jet, klo ga berubah juga, baru deh ganti ukuran jarum skep. inget 

urutannya mesti begini dulu. biar gampang ketahuan mana yg ga benernya.

sementara ini dulu yg bisa ane share dari pengalaman ane seharian jetting 
apabila ada yg kurang tepat, atau miss, atau malah secara teknis tidak sesuai, dimohon masukannya 

==================================================
sedikit share manfaat choke buat troubleshooting karbu berdasarkan pengalaman ane selama sebulan belakangan ini, ketika kita ga yakin ini karbu brebet kurang bensin atau kebanyakan bensin. bisa dicoba dibantu dgn narik tuas choke.

caranya:

mau ngetes pilot jet? saat starter pagi hari atau ketika narik gas 1/8 - 1/4 putaran, iringi dengan narik choke sedikit demi sedikit sampe hilang gejala brebetnya. tapi klo dah mentok chokenya tetep brebet, berarti bensin kebanyakan, pilot minta turun.

mau ngetes jarum skep? gentak gas 1/4 sampe 3/4 putaran sambil dibantu buka choke secara instan (buka sekejap langsung tutup lagi). klo gejala brebetnya ilang, berarti jarum skep terlalu irit. klo kebalikannya jarum skep minta diborosin.

mau ngetes main jet? gas poll sampe mentok (3/4 putaran gas keatas) atau rpm timit tertinggi. tarik dan tahan chokenya sdikit demi sdikit sampe gejala brebetnya ilang. klo yg terjadi malah makin brebet berarti main jet kegedean, klo brebetnya ilang berarti main jet minta dinaikin.

buat kasus gas rpm ga mau turun, naik turun, ga langsam, juga bisa dibantu identifikasi pake choke.

misalkan, dari gas poll gas dilepas malah ga mau turun, tarik choke-nya. klo ditarik chokenya mau turun, berarti main jet kekecilan.

klo di gas rendah rpm juga ga mau turun, setelah tarik choke mau turun, berarti pilot jet minta naik.

klo di puteran tengah gas nyangkut ga mau turun, setelah tarik choke baru mau turun. berarti jarum skep terlalu irit.

nah klo langsam susah tapi dibuka choke dikit aja malah gampang langsamnya, berarti pilot jet kekecilan, kebalikannya klo langsung mati berarti kegedean 

selamat jetting 

klo bingung, ini bisa jadi panduan 

Carburetor Tuning
sumber: tulisan saya sendiri di kaskus

72 comments:

  1. Kalo jarum skep turunnya lama ...
    Padahal belum gue pasang di karbu..
    Tlong koment nya...
    .
    Saya Masih belajar bonglar bro

    ReplyDelete
  2. Kalo jarum skep turunnya lama ...
    Padahal belum gue pasang di karbu..
    Tlong koment nya...
    .
    Saya Masih belajar bonglar bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkk..la blum ente pasang brow

      Delete
    2. Mas mau nanya motorku kok saat adem kalau di starter rpm nya agak tinggi terus agak lama dikit rpm kembali normal
      Sama rpm nya lambat turun itu apanya y mas��

      Delete
  3. Kalo saya masih ada rada bingung ama new jupe mx saya pake pe 28 pas mesin dingin dia ngegas sendiri pas di mainin chokenya rpm langsung turun drastis bahkan harus nahan gas biar gk mati setelan angin udh mentok alias kering tapi pas buka busi banjir malah ampe keluar" an BB nya kalo di starter susah kudu di tahan sebentar baru nyala kalo di sela terus sela nya di gentak 1x langsung nyala itu termasuk error atau apa ya mas kata tmn" sya si ganti spuyer alias jeting lgi karbunya biar pas mesin si masih standar dar dar cuma main knalpot racing sama marbu doank pengapian pun masih standar,mohon saran nya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake karbu standar aja bro. Kegedean karbu itu.

      Delete
    2. PJ MJ pakek ukuran brpa itu..?kyakny sih PJ minta naik,busi basah kuyup bsa krna rpm yg gak stabil,ato pas enete choke,liat stelan angin,brpa putaran itu..?

      Delete
    3. Sama nih kira2 penyakitnya sama motor ane, motor new megapro pake pe 28 pjnya 35 mjnya 112 kalo pas dipanasin ngebul hitam bau bensin dari knalpot tapi kalo dinaikin jarum skepnya malah brebet rpm susah turun

      Delete
    4. Coba turunin mj nya ke 110

      Delete
    5. Itu karbunya kgedeanc mas coba pakai pe 26 yakin pasting gampang setingngya

      Delete
  4. Nanya bro,motor jupiter ku pake karburator RX100 KW,awalnya normal tarikan enak.tapi lama2 skep memuai jd kl gas gede skep ga mbalik alias nahan diatas.akhirnya skep saya amplas,nah sewaktu dipasang kembali kok jd mbrebet ya hanya sebab skep diamplas.solusinya gimana nih?

    ReplyDelete
  5. Kalau ente pake manipol yang ada lubang udara ditengahnya, mesti dibuntu biar langsamnya ok. Untuk referensi megapro 200cc ane pake spuyer ori 45 dan main jet 115 dan ring clip jarum skep pas ditengah2. Yahud...

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum
    Om mw tanya.kalo dari rpm rendah trus gas poll tp tenaga nya gk ada.susah naik rpm nya.masalah nya apa ya

    ReplyDelete
  7. Apa penyebab motor mati saat gas spontan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mati apa brebet?? Klo ada brebet,bensinnya kbanyakan,turunin jarum skep/turunin main jet

      Delete
  8. goblog mana ada keiritan nyembur asep hitam�� yg ada keborosan tolol!!!

    ReplyDelete
  9. mbok ya yg sopan koment,...bisa saja dia itu salah ketik....

    ReplyDelete
  10. Bro mau tanya ni...setting MJ/PJ nya..motor saya new Megapro...CDI,kiprok standar..koil punya Tiger,Cop busi punya Mio, karbu nsr sp pe28 jarum skep bawaan NSR sp, knalpot freeflow nob1..
    Jdi Maslah ukuran MJ/PJ brapa y kalo jarum skep nya masih bawaan dari karbu nsr sp pe28. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakek pj mj stndart megapronya aja mas,sharusnya mesin standrt gak balakaln minta bensin lebih,meskipun udah gnti karbu pe28,tinggal setting angin2 aj

      Delete
  11. Udah bener tu mas,dipikir lagi,rpm motor tinggi pada kondisi dingin,menandakan bensin trrlu irit,bgitu di choke otomatis mngurangi debit udara/bensin lebih bnyak dong,dikembalikan ke pilot jet,berrti pada non choke pj kurang gede

    ReplyDelete
  12. Gan scoopy ane spek piston 56 klep 28/24 pake karbu pwk 28 kok waktu gaspol dari idle cuma mbrebet ga ngacir ya, problemnya dimana?
    Sebelumnya terimakasihπŸ™

    ReplyDelete
  13. Nanya dong om, thunder 125 di cangkok karbu megapro primus (non vacum) kalo mesin dingin langsam RPM normal di 1500, tapi kalo udah di pake jalan langsam nya tinggi di kitiran RPM 2000 - 2500. Pj 40 , mj 100 clip jarum udah di jajal dari klip 1 - 5 tetep ga ngaruh, putaran air screw 2,5. Mohon pentdjrahan nya. Thanks...

    ReplyDelete
  14. Mesin tiger 2000 , pakai karbu pz30 . Pj mj yg pas brp ya om tolong di bantu

    ReplyDelete
  15. Bang mau nanya . Mio ane pake piston 57 punya neotex . Karbu PWL 28 ori ninja rr . Pj mj bawaan karbu . Jarum skep ori tapi pas putaran atas agak nahan gt yah . Putaran bawah sampe tengah nyengat . Mohon pencerahaannnya

    ReplyDelete
  16. selamat siang bro ,NMP saya pakai karburator PE28 ,isi kit karburator nya pakai punya isi karburator tiger sama jarum skep nya punya tiger ,klo untuk langsam nya normal tapi waktu di gas 1/4-1/2 putaran brebet gas nya macem nahan.mohon kesimpulan nya bro >#NMPbayonet

    ReplyDelete
  17. Permisi,, fu150ku klo mau nyalip kendaraan ko brebet dulu ya.. Klo dah rpm tinggi dah mau kenceng,, pj 122 mj 38.. Pe28

    ReplyDelete
  18. Mas saya punya motor supra fit standar pake pe 28 klo gasnya disentak malah ngook terus mati,jadi harus gas pelan pelan,sama kalau putaran tengahnya nahan gamau naik gas padahal udh di fullin ngegasnya itu kenapa ya mas yg masalah pj apa mj apa dua duanya mohon pencerahannya mas

    ReplyDelete
  19. Mas saya pake karbu king, kenapa pas gas putara tengah dia nyendat".
    Tetapi kalau gaspool engga. Apa itu terlalu irit di stel apa Posisi Jarum saya karena nomor 2 dari atas?

    ReplyDelete
  20. Makasih mas.jd permasalahan karbu saya selesai.ternyata sepele tp bisa bikin pusing.mantul tenan mas

    ReplyDelete
  21. Kalo motor dibawa jalan karbu ngembun,dan diputaran bawah nahan+brebet biasanya knpa yah mas

    ReplyDelete
  22. Punya saya kalo digas mati itu knapa ya mas

    ReplyDelete
  23. Mau tanya mas. Motor saya megapro primus standar pakai pwk28 rpm tidak stabil, untuk mj-pj 38-115 jarum skep di posisi ke 2 dari atas .minta saran. Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Mau nanya mas2 bro
    Motorku megapro 200cc , mau pake karbu PWK 32 itu PJ MJ nya pake ukuran berapa dan jarum skep nya pake apa biar bawah langsam dan atasnya ngisi terus , matur nuwun.

    ReplyDelete
  25. Bos mau nanya karbu pwk
    Setelah langsam terus digas kayak mau mati ipu apanya

    ReplyDelete
  26. Bro mau nanya?
    sya punya beat karbu.
    klo di gas 1/2 ke atas kayas ada jeda (ngosong)
    Tapi kalo dari 0-1/2 normal
    tapi kalo motor udh panas, baru menonjol rasa jeda(ngosong)nya
    lamsam,atasnya udah enak.
    tinggal itu di rpm 1/2
    Karbu asli bawaan mtor.
    pdhl udh di tes karbu sya ke motor tmen.. hasil normal
    pas sya tes karbu temen le motor sya
    gitu lagi
    solusi atasi maslahnya gimna ya?

    ReplyDelete
  27. Mending settiingin karbuku lgs aja yok om.wkwkwk tolong kalau boleh😁😁

    ReplyDelete
  28. Ijin komen mas bro,kelembapan udara juga ngaruh loh

    ReplyDelete
  29. Semoga author nya lebih terbuka dengan masukan.

    Putaran angin2 itu hanya berpengaruh pada PJ. Dan PJ tetap ber-effect penuh pada saat full throttle, tapi dibandingkan lubang venturi dan MJ tidak seberapa.

    Gangguan2, pada 3/4 gas keatas juga sangat berpengaruh pada diameter lubang venturi dan MJ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya mah susah kalo gak langsung praktek... Kebanyakan nylahin karbu.. Padahal pada mesin sendiri kebanyakan pada gak sehat πŸ˜…πŸ˜…

      Delete
  30. Kalo carbu ngok saat mau naik rpm lebih tinggi berarti apanya?

    ReplyDelete
  31. Mas tanya
    Klo waktu jalan,di 20 atau 40 (liat spidometer) nyendat2..tapi begitu pelan2 gas di naikin sampai 80 bahkan sampai 100 normal2 aja.
    Kira2 apa nya itu mas?.

    ReplyDelete
  32. Mas ukuran pilot jet dan main jet yg cocok untuk tiger revo itu brapa..
    Skrng saya pakai 40 dan 122..
    Tapi putaran atas low..πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  33. Mas ukuran pilot jet dan main jet yg cocok untuk tiger revo itu brapa..
    Skrng saya pakai 40 dan 122..
    Tapi putaran atas low..πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo putaran atas ada nglitiknya brarti kurang boros om..kasih 125 mj nya...

      Delete
  34. Gan mortot gua kalo digas enak ngacir, tapi kalo gas di turunin kaya mati, brebet,
    Harus digas agak tinggi baru mau jalan lagi
    Itu cuman waktu ngebut doang..

    ReplyDelete
  35. Kang punyaku gL max. Spek std tiger .
    Pake karbu pe 28 saat langsam enak mas. Setelah gas tengah sampai atas brebet di gas sambil nembak". Apanya ya mas. Skep sudah paling boros.
    Mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. mas mas mau tanya,,, problem ketika motor jalan entah itu di rpm tengah ataupun tinggi,ketika gas di turunin dikit kog brebet itu permasalahanya di main jet, jarum skep, pilot jet atau power jet,,, tapi ketika di seting di tempat enggak ada gejala mbrebet sama sekali

    ReplyDelete
  38. Kalau brebet putaran tengahnya apanya ya om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya turunin jarum artinya posisi klip nai

      Delete
  39. Mas, saya mau tanya mtor saya pkai pe 23 di klx, pilot jet 38 dan main jet 120 jarum no.4 k bawah, tpi gas di sentak ngmpos,atas enak tpi begitu gas turun ada jeda nya, mohon bantuan

    ReplyDelete
  40. Mas saya mau tanya satria fu standart pakai karbu pwk gi gas spontan langsung mati kenapa ..kalau di pancing gas kecil dulu baru bisa

    ReplyDelete
  41. Karbu cpo 34 pj 38 mj 115 djarum dh tak ganti dengan jjh tapi putaran tengah pas gigi 3 ada jedah pada keadaan langsam mohon bimbingannya

    ReplyDelete
  42. Mas mau tanya mas, saya punya karbu tiger di reamer jadi 34 dan skep di ganti diameter 31, dulu pake mj pj bawaan ndak enak sama sekali, sekarang saya ubah ukurannya masih kurang enak mas, pas nya di ukuran berapa mj pj nya mas

    ReplyDelete
  43. Masz,mau tanya kalo digas posisi rpm bawah nuju ke nengah brebet² ,posisi jarum paling bawah,setelah tarik lagi ke rpm tinggi,gas dilepas nembak²,setelah itu mati tu motor,kalo pas turunnya gk diimbangi gas,,posisi pe tk racing 31,pj 40,mj 122, posisi jarum paling boros.mohon dijawab minπŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  44. Ijin nanya dong om kalau di putaran menengah ke atas brebet itu apa ny y omπŸ™πŸ™

    ReplyDelete
  45. bang kalo gas di buka 1/4 brebet terus setelah di buat jalan gas di lepas kaya bensin telat bensin solusi nya

    ReplyDelete
  46. Buat abang" ku mekanik" yg ganteng..
    Ane mao nanya nih... jawab ya...heheee
    Mio sporty ane klo lg di bawa jalan trus brenti di depan lampu merah... skitar 2/3 mnit pas lampu ijo ane ga nih motor malah mati..jwaban nya yg akurat ya abang" mekanik yg ganteng.. thank

    ReplyDelete
  47. Bang cek lokasi mu bang, pengen gw bawa ke rumah lu bang nih tilam

    ReplyDelete
  48. Matorsuwon mas ilmune smpon detail A-Z antara jlasin fungsi pj/mj dan efek pj/mj, pokoknya lengkap deh penjelasane sampean,

    ReplyDelete
  49. Bang mau tanya, setiap naikin gigi rpmnya lambat turun dan klo berhenti rpm susah langsam trs mati itu penyakitnya apa? Spek karbu pwk28 pj45/mj145 jarum klip no 3. Mohon jawabanya terimakasih..

    ReplyDelete
  50. klo diputaran atas atau ketika dibejek spontan atau dibetot habis terus RPM ga mau turun atau turunnya lama, artinya MJ terlalu kering. mesti dinaikin.
    Ok mantab ini solusi jitu yang saya cari....suwun mas

    ReplyDelete
  51. Motor saya Scorpio,pake PE 28 TK racing, ukuran PJ 42 MJ 120,setelan angin 1,5,gas udh langsam dari bawah tengah sampe atas,busi bawah kering tengah atas merah bata,tapi kendlane gas lambat turun,kira2 apanya ya bang.

    ReplyDelete
  52. Numpang nimbrung kak, saya pakai klx dengan karbu pe 28, rpm bawah tengah atas respon oke banget, langsam juga dapet tapi saat test gas poll kayak nahan gitu rasanya. PJ pakai 40 MJ pakai 105, klip kedua dari bawah. Cek busi bagian tengah merah bata, bagian ujung semu hitam. Tapi kok terasa masih nahan ya atasnya.

    ReplyDelete